Bagaimana membedakan amandel dan sakit tenggorokan

Amandel – Anda mungkin pernah mendengar wacana tonsilitis atau radang amandel serta sakit tenggorokan secara bergantian, di kenyataannya hal ini tidak benar.

Faktanya, siapapun bisa mengalami sakit tenggorokan tanpa harus mengalami tonsilitis. namun, ke 2 hal ini bisa terjadi bersamaan. tonsilitis bisa ditimbulkan sang bakteri strep gerombolan a, yang menyebabkan sakit tenggorokan, namun tonsilitis bisa ditularkan oleh bakteri serta virus lain.

SakitTenggorokan, pula dikenal menjadi faringitis, ialah penyakit yg terjadi sebab radang tenggorokan. selama ini, tonsilitis (tonsilitis) menyerang kelenjar amandel, yaitu kelenjar yg berfungsi menjadi sistem pertahanan tubuh. kelenjar ini bertugas menangkap dan memusnahkan kuman yang menyerang sistem pernafasan. cari tahu perbedaan antara ke 2 penyakit di bawah ini.

Disparitas gejala tonsilitis serta radang tenggorokan
Cara pertama buat membedakan kedua penyakit ini tentunya melalui Gejalanya. tonsilitis dan sakit tenggorokan mempunyai poly tanda-tanda yg serupa, sebab radang tenggorokan disebut menjadi jenis tonsilitis. tetapi, penderita sakit tenggorokan mengalami tanda-tanda unik tambahan.

Ke 2 penyakit ini mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening di wilayah leher, kesulitan menelan, sakit tenggorokan, serta sakit kepala. pada beberapa aspek disparitas terlihat, contohnya di radang tenggorokan terdapat kemerahan pada amandel, sedangkan pada radang tenggorokan hanya Tampak bintik-bintik merah di verbal.

Tonsilitis ditimbulkan sang demam, leher kaku, sakit perut, serta perubahan rona putih atau kuning di pada atau di kurang lebih amandel. selama ini, sakit tenggorokan mengakibatkan demam tinggi, nyeri dan nyeri pada semua tubuh, mual serta muntah, serta amandel merah bengkak menggunakan bercak putih nanah.

Bila salah satu tanda-tanda di atas muncul, segera pergi ke rumah sakit terdekat agar segera di tangani oleh dokter.

Pelajari disparitas antara penyebab tonsilitis dan sakit tenggorokan
Tonsilitis dapat disebabkan sang aneka macam kuman, termasuk virus serta bakteri. namun sering hal tersebut ditimbulkan sang virus, seperti:

Menghipnotis.

Virus corona;

Adenovirus.

Virus epstein-barr;

Virus herpes simpleks;

Virus human immunodeficiency.

Tonsilitis pula bisa ditimbulkan sang bakteri, serta diperkirakan 15-30% tonsilitis ditimbulkan oleh bakteri. bakteri infeksius ygPaling awam artinya streptokokus grup a, yg menyebabkan sakit tenggorokan. jenis bakteri strep lainnya juga dapat mengakibatkan tonsilitis, termasuk:

Staphylococcus aureus (mrsa);

Klamidia paru (klamidia);

Neisseria gonorrhea (gonorrhea).

Sakit tenggorokan terutama disebabkan sang bakteri streptokokus gerombolan a. tidak terdapat kelompok bakteri atau virus lain yg menyebabkannya.

Langkah-langkah mengatasi tanda-tanda radang tenggorokan serta tonsilitis
Dimulai menggunakan healthline, buat meredakan gejalaSakit tenggorokan, anda mampu mencoba beberapa pengobatan rumahan, di antaranya:

Ketenangan;

Minum poly air;

Minumlah cairan panas, mirip kaldu, madu, serta teh lemon atau sup panas

Berkumurlah menggunakan air garam hangat.

Mengisap permen keras atau pelega tenggorokan

Tingkatkan kelembapan pada rumah atau tempat kerja anda dengan humidifier.

Selama ini, pada perkara tonsilitis yang parah, dokter akan meresepkan antibiotik buat mengatasi infeksi tersebut. pastikan anda meminum antibiotik persis Seperti yg diarahkan oleh dokter anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *