Ingin tahu cara kerja meter air digita Cek di sini!

Ingin tahu cara kerja meter air digital? Cek di sini!

meteran air digital adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah air. Tentunya rumah Anda menggunakan saluran air PDAM. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara kerja meter air.
Cara pengoperasian meter air ini menggantikan pengoperasian meteran air jenis mekanik lama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja meter air mekanis. Selain itu, meteran jenis ini dapat dipasang dan dihubungkan dengan kabel pergelangan tangan.
Terdapat beberapa pabrik yang memproduksi meteran air ini di berbagai versi perusahaan yang menggunakan meter air. Namun sebagian besar pabrik masih mengembangkan elektromekanika, yaitu mekanik dan meteran air yang menggunakan rekam elektronik atau digital.
Meteran air digital sangat mudah dibaca karena hanya 2 angka yang tercetak di layar. Angka besar di atas mewakili jumlah air dalam liter / unit kubik. Sedangkan angka kecil di lantai merepresentasikan laju aliran.
Jenis meter air digital
Yang ingin menggunakan meteran air digital adalah sebagai berikut:
• penghitung elektromagnetik
Jenis ini adalah meteran air non mekanik. Saat ditemukan, pengukur elektromagnetik membutuhkan banyak energi untuk berfungsi, sehingga harus menggunakan listrik untuk menghasilkan listrik.
Setelah itu, pengukur elektromagnetik menggunakan jenis baterai kecil khusus. Meteran air digital jenis ini memiliki tingkat akurasi sekitar 0,25 persen.
Osiloskop cairan (pengukur pintar)
Osiloskop cair (smart meter) menampilkan hasil pengukuran yang lebih akurat hingga umur maksimum meter air. Jika tidak ada bagian yang bergerak, meteran air jenis ini tidak akan terpengaruh oleh beberapa partikel, salah satunya adalah pasir.
Inilah yang direkomendasikan oleh pengukur pintar dibandingkan dengan pengukur air mekanis. Selain itu, smart meter juga dilengkapi dengan teknologi canggih presisi tinggi, sehingga dapat memperpanjang umur meter air hanya dengan mengganti baterai.
Bisa membaca meter air digital secara langsung, sehingga bisa juga dalam format pembacaan meter otomatis (AMR) dengan frekuensi radio dan teknologi pembacaan otomatis. Teknik ini juga terkait dengan penerapan meter air sesuai simbol atau sistem denyutnya.
Secara khusus, pengukur pintar memungkinkan pengukur untuk memeriksa status baterai untuk mendeteksi kerusakan, penggunaan 24 jam, waktu penggunaan. Sistem di dalam smart meter akan memberi tahu masa pakai baterai satu tahun sebelum commissioning.
Jika Anda mengganti baterai tepat waktu, masa pakai meter air dapat diperpanjang. Oleh karena itu, tidak perlu mengubah penghitung dan nomor seri.
• skala ultrasonografi
Pengukur ultrasonik atau pengukur kecepatan aliran mengukur kecepatan air untuk menghitung jumlah air yang mengalir di saluran terbuka (tabung). Meteran air digital jenis ini dicirikan oleh sensor ultrasonik yang terletak di bagian bawah tabung / saluran.
Setelah itu sensor akan memancarkan gelombang ultrasound yang merambat melalui aliran air dan kemudian muncul di permukaan cairan. Kecepatan aliran air diukur dengan sinyal ultrasound doppler dengan tingkat akurasi sekitar 0,25 persen.
Masih banyak jenis meter air digital lainnya yang harus Anda ketahui. Masing-masing jenis ini memiliki cara kerja yang berbeda, sesuai kebutuhan:
Pengukur aliran turbin.
• Pengukur aliran dayung.
• Pengukur aliran Waltman.
• Pengukur aliran massa Coriolis.
Limbah venturi.
• pengukur aliran diferensial.
Khusus untuk limbah cair atau lumpur, meteran air digital yang cocok digunakan adalah sensor aliran dan tidak mengandung komponen bergerak apapun. Ada juga sensor aliran air yang tidak bersentuhan langsung dengan cairan.
Jika Anda sudah mengetahui sistem meter air digital yang berfungsi, maka Anda hanya perlu memilih atau memilih merk produk yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *