Kementerian Luar Negeri memprioritaskan perlindungan WNI di luar negeri seiring penyebaran virus Corona

Perlindungan WNI – Menteri Luar Negeri (Menlo) Retno Marsudi mengatakan salah satu prioritas kebijakan luar negeri Indonesia adalah melindungi WNI di luar negeri. Prioritas ini menjadi lebih penting selama pandemi COVID-19 yang Anda hadapi saat ini.

“Sebagaimana yang dipahami orang tua dan bapak, salah satu prioritas kebijakan luar negeri Indonesia adalah melindungi WNI di luar negeri,” kata Menlu Retno dalam siaran persnya, Senin. 5/11).

1. Kembalinya WNI ke Indonesia saat terjadi pandemi COVID-19 menjadi tantangan bagi Kementerian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri memprioritaskan perlindungan WNI di luar negeri saat terjadi Corona. IDN Times / Virus Khusus

Dijelaskannya, Kementerian Luar Negeri, serta seluruh perwakilan RI di luar negeri terus melakukan yang terbaik untuk melindungi WNI. Retno menyadari, melindungi WNI merupakan tantangan besar terkait pandemi COVID-19.

2. Beberapa faktor yang menjadi pendorong WNI berbondong-bondong ke Tanah Air

Kemlu Prioritaskan Perlindungan WNI di Luar Negeri saat Virus Corona (Menlu Retno Marsudi memberikan siaran pers kepada BNPB)

Menurut perempuan kelahiran Semarang 27 November 1962 itu, banyaknya WNI yang pulang kampung dipengaruhi beberapa faktor. Ini termasuk jumlah WNI yang kehilangan pekerjaan atau kehilangan pekerjaan untuk sementara waktu karena pandemi, dan kontrak kerja yang habis dan tidak diperpanjang.

3. Presiden Jokowi menyerukan penerapan tegas protokol kesehatan bagi warga negara Indonesia

Kementerian Luar Negeri memprioritaskan perlindungan WNI di luar negeri selama penyebaran virus Corona. Kantor pers kepresidenan

Jadi, lanjutnya, mengantisipasi hal tersebut, bahwa Presiden Jokowi “Jokowi” Widodo telah memberikan indikasi protokol sanitasi yang ketat. Apalagi di pintu masuk pemulangan WNI baik darat, laut maupun udara.

“Arahan ini sudah berkali-kali ditegaskan (presiden), tentunya untuk melindungi WNI yang kembali, keluarganya dan masyarakat sekitar, serta melindungi Indonesia,” kata lulusan sekolah Gaga. pada tahun 1981. Universitas Mada, Jurusan Hubungan Internasional.

Untuk itu, pihaknya akan terus menerapkan dan menegakkan protokol kesehatan untuk setiap pendaratan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 313/2020.

4. Warga negara Indonesia wajib mengonsumsi obat kesehatan orotonol sesuai petunjuk pemerintah.

Kemlu Prioritaskan Perlindungan WNI di luar negeri jika terjadi wabah virus Corona (Menlu Retno Marsudi) Kementerian Dokumentasi Luar Negeri

Wanita pertama yang menjabat sebagai menteri luar negeri Indonesia ini juga berharap seluruh WNI yang baru datang dari luar negeri dapat mengikuti aturan protokol kesehatan yang diindikasikan oleh pemerintah. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 dapat dihindari.

“Sekali lagi, kami sangat berharap agar seluruh WNI yang baru tiba dari luar negeri dapat berdisiplin penuh dan dapat melaksanakan protokol kesehatan ini untuk kepentingan kesehatan, keluarga dan masyarakat. “, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *